Emlyn Hughes – Legenda Liverpool FC

0 Comments

Emlyn Hughes ditandatangani untuk Blackpool pada tahun 1964 dan membuat debut tim pertamanya di musim 1965-66, setelah hanya 28 penampilan untuk Blackpool, Hughes ditandatangani untuk Liverpool, pada usia dua puluh, pada bulan Februari 1967 untuk A 65.000 setelah ditemukan oleh manajer Bill Shankly.

Ini adalah periode transisi besar untuk Liverpool, dan Emlyn Hughes adalah bagian dari ‘revolusi’ Liverpool yang akan melihat mereka mendominasi sepakbola Inggris selama bertahun-tahun yang akan datang. Dia dengan cepat dipasang ke lini tengah Liverpool, dia disambut oleh fans Liverpool dan segera diberi julukan ‘Crazy Horse’ setelah gaya rugby yang terkenal mengatasi selama pertandingan melawan Newcastle, yang terkenal berjalan ke setengah oposisi dan perayaan golnya yang panik.

Hughes adalah pemain yang sangat energik dan antusias, yang tidak hanya memainkan peran lini tengah yang disukainya dengan keunggulan, dia juga pemain yang sangat serbaguna, dan itu tidak jarang melihat dia bermain di bek kiri atau di pertahanan pusat, ketika diperlukan.

Setelah kalah di final Piala FA melawan Arsenal pada tahun 1971, Hughes memenangkan penghargaan pertama dengan Liverpool pada 1973, memenangkan gelar Liga pertamanya dan penghargaan Eropa pertamanya dengan memenangkan Piala UEFA, membuat total 65 penampilan selama musim ini, tahun ini juga menyaksikan Hughes menjadi kapten klub Liverpool. Tahun berikutnya Liverpool memenangkan Piala FA mengalahkan Newcastle 3-0 di final.

Tahun berikutnya, 1975-1976, dan di bawah manajemen baru Bob Paisley, melihat Liverpool memenangkan Liga dan Piala UEFA lainnya, ketika tahun-tahun kejayaan di Liverpool baik dan benar di sini.

Musim 1976-77 akan melihat Liverpool mempertahankan gelar liga dan juga memenangkan Piala Eropa pertama mereka di Roma, hanya beberapa hari setelah ditolak kemungkinan bersejarah ‘Treble’ setelah kalah dari Manchester United di final Piala FA. Emlyn Hughes adalah kapten Liverpool pertama yang mengangkat Piala Eropa dan tidak mengherankan dia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik untuk musim itu.

Tahun berikutnya Liverpool menjadi klub Inggris pertama yang mempertahankan Piala Eropa dengan kemenangan atas Bruges di Wembley.

Tahun berikutnya Hughes menderita cedera lutut jangka panjang, dikombinasikan dengan munculnya beberapa pemain baru, ini adalah tanda berakhirnya karir Liverpool yang luar biasa, dan ia akhirnya menandatangani untuk Wolves pada tahun 1979.

Emlyn ‘Crazy Horse’ Hughes memainkan 665 pertandingan untuk Liverpool dengan mencetak 49 gol, setelah karier manajerial yang pendek, Hughes juga menemukan ketenaran pada program televisi BBC ‘A Question of Sport’

Setelah sakit, Emlyn Hughes meninggal pada 2004, ia akan selalu dikenang sebagai legenda Liverpool.


Leave a Reply